Merakit Mesin Batu Akik "Potong & Poles"

Jika sebelumnya anda memulai bisnis batu cincin akik dengan cara membeli produk jadi dari produsen batu akik, lalu menjualnya kembali. Namun setelah anda mengetahui bahwa keahlian membuat batu akik adalah ilmu yang bisa dipelajari oleh siapa saja, dan mungkin anda ingin melakukan efisiensi bisnis sehingga konsumen anda bisa membeli produk dari anda dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya, mungkin saat ini anda mulai tertarik untuk memproduksi batu cincin akik sendiri.

Ada banyak faktor yang bisa membuat anda menjadi produsen batu akik yang sukses. Namun blog ini tidak akan membahas semua faktor, melainkan  hanya beberapa faktor utama saja. Faktor pertama adalah keahlian anda dalam membentuk batu akik, faktor kedua adalah kejelian anda memilih bahan baku batu yang berkualitas, dan Faktor yang terakhir adalah kepemilikan mesin produksi terbaik untuk membuat batu cincin akik dalam skala besar dengan waktu yang sangat cepat.

Dengan bekal dan pengalaman yang anda dapatkan sebelumnya sebagai penjual batu cincin akik, mungkin anda sudah memiliki dua faktor utama yang telah disampaikan sebelumnya, dan sekarang mungkin anda tinggal melengkapi faktor ketiga yaitu memiliki mesin batu akik sendiri.

Sedikitnya ada dua cara mudah yang bisa anda pilih agar anda bisa memiliki mesin produksi batu cincin akik sendiri. Cara pertama adalah melakukan pembelian produk mesin jadi melalui toko online terbaru 2015 (baca:mesin batu akik baru paling direkomendasikan) atau anda bisa memilih cara kedua yaitu merakitnya sendiri.


Jika anda memilih cara yang kedua, maka silahkan lanjutkan membaca postingan ini untuk mengetahui panduan lengkap merakit mesin batu akik potong poles berkualitas.

Seperti apa mesin batu akik terbaik yang harus anda rakit ? 

Postingan ini tidak akan memandu anda untuk mengetahui bagaimana cara merakit mesin potong dan mesin poles yang dirakit secara terpisah, karena biaya perakitan ke dua mesin batu akik tersebut yang akan lebih besar.  Agar efisiensi tetap berjalan selama produksi, maka anda bisa merakit mesin batu akik full set atau mesin 2 in 1 (potong dan poles jadi satu).

Merakit mesin batu akik

Berikut skema perbandingan harga jika anda memilih memiliki mesin batu akik dengan cara pembelian produk jadi. Harga ini kami ambil berdasarkan produk yang dijual melalui toko online & beberapa penjual pada online market place yang secara khusus menjual produk mesin jadi untuk memproduksi batu akik.

Harga mesin potong batu akik baru dari penjual di salah satu online market place : Rp.4.500.000
SPESIFIKASI DETAIL
Pisau Potong 10 inci
As Stainless Steel
Rangka Besi 5x5
Ketebalan 3 mm
Dinamo 1/4 hp
Harga jual pada salah satu toko online khusus menjual mesin batu akik baru, satu set mesin potong batu akik baru : Rp. 2.500.000
SPESIFIKASI DETAIL
Pisau Potong 10 inci
As Stainless Steel
Rangka Besi 5x5
Ketebalan 3 mm
Dinamo 1/5 hp
Harga mesin double poles batu akik pada online market place dan toko online :

Produk mesin gosok batu mulia double lengkap yang dijual oleh salah satu penjual melalui online market place, harganya : Rp.6.500.000
SPESIFIKASI DETAIL
Diamond Wheel 4 Pcs
Bantalan Amplas 3 Pcs bahan fiber
Pad Amplas 2 Pcs
Bak Plastik Lionstar
As Stainless steel tipe sambung
Pulley single
Spasi Grinda Fiber
Dinamo 1/4 hp
Rangka Kayu
Tebal Tidak ada informasi
Siku tidak ada informasi
Mesin poles double untuk menggosok batu akik yang dijual pada salah satu toko online,
harganya adalah Rp.7000.000.
SPESIFIKASI DETAIL
Diamond Wheel 3 Pcs
Bantalan Amplas 6 Pcs bahan karet/spon
Pad Amplas Tidak Menggunakan
Bak Plastik
As Terpisah stainless steel terpisah
Pulley Double
Spasi Grinda Aluminium
Dinamo 1/4 hp
Rangka Besi eser
Tebal 3mm
Siku 5x5
Setelah melihat beberapa contoh produk mesin jadi yang tersedia baik melalui toko online dan online market place, anda sudah memiliki gambaran estimasi biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli mesin batu akik baru fullset.

Jika anda memilih untuk membeli mesin produksi secara terpisah maka biaya yang akan anda keluarkan untuk memiliki mesin produksi batu akik yang lengkap tentu akan lebih besar. Bahkan biaya tersebut lebih besar dari harga sebuah produk mesin potong poles.

Tetap pada tujuan utama yaitu efisiensi bisnis, maka solusi untuk memiliki mesin batu akik full set dengan harga yang lebih murah maka anda bisa merakitnya sendiri.

Panduan sebelum melakukan perakitan mesin potong poles batu akik fullset

1. Memilih spare parts mesin batu akik

Mesin potong poles rakitan fullset merupakan gabungan dari beberapa spare parts diantaranya adalah : as, grinda atau diamond wheel, spasi grinda, bearing units, pisau potong, bantalan amplas, fanbelt, pulley, dinamo,bak, kabel power, rangka.

Panduan memilih spare parts mesin batu akik berkualitas :

Memilih as :
Pertimbangkan panjang as dan bahannya apakah anda akan memilih bahan besi chrome atau memilih as poles dan potong stainless steel.

Memilih grinda :
Pertimbangkan apakah anda akan menggunakan batu gerinda atau akan menggunakan diamond wheel untuk penggosokan, pertimbangkan juga merek dan grit yang akan anda pilih.

Memilih spasi grinda :
Spasi grinda biasanya hanya tersedia dalam dua pilihan saja bahan fiber atau alumunium. Perhatikan apakah spasi sudah dilengkapi dengan baut pengencang.

Memilih bearing units :
Jadikan merek sebagai bahan pertimbangan, beberapa merek yang bisa anda pilih FYH, NIS, FBJ, BME, dan masih banyak lagi. Pastikan bearing cocok dengan diameter as yang sudah anda pilih.

Memilih pisau potong :
Merek juga menjadi pertimbangan pada saat memilih pisau potong, ketahui secara rinci ketebalan pisau dan diameter pisau, pastikan juga lubang pisau sesuai dengan as potong yang sudah anda pilih.

Memilih bantalan amplas :
Dipasaran atau selama peninjauan bantalan amplas lebih banyak tersedia dalan dua pilihan bahan yaitu karet spon dan fiber.

Memilih fan belt :
Bahan fanbelt sepertinya harus jadi pertimbangan utama.

Memilih Pulley :
Pulley atau pulli tersedia dalam banyak ukuran dan diameter, pilihan single atau double (bertingkat). Pastikan lubang diameter pulley sesuai dengan diameter as dan diameter as dinamo.

Memilih dinamo :
Ada banyak pilihan merek dinamo yang bisa anda pilih, NLG, Jiayu, SEM, dan banyak lagi, selain merek yang perlu anda pertimbangkan adalah mengetahu HP dinamo yang akan anda pilih.

Memilih bak :
Sebagian besar mesin batu akik rakitan yang tersedia dipasaran menggunakan bak dari bahan plastik.

Memilih kabel :
Untuk kabel tidak terlalu rumit, pastikan kabel mampu mengaliri arus listrik dengan lancar menuju dinamo. Sesuaikan ukuran panjang agar memudahkan anda menghubungkan mesin ke sumber listrik.

Memilih rangka :
Ada dua jenis rangka populer yang bisa anda gunakan, besi atau kayu. Sebaiknya pilih rangka yang sesuai dengan jam terbang atau oprasional produksi anda.

Daftar spare parts lengkap untuk perakitan mesin batu akik full set :

Spare Parts Keterangan & Jumlah
AS potong dan poles
Bearing Units 4 Pcs
Ring Spasi 5 Pcs
Pemoles/Penggosok Batu grinda / Diamond grinding wheel
Piasau Potong 10 inci s.d 12 inci
Pulley 2 Single & 1 Double
Dinamo 1/4 hp
Kabel 1 meter
Rangka Besi eser / Kayu

2.Membeli spare parts mesin batu akik

Setelah anda mengetahui cara memilih spare parts mesin batu akik yang berkualitas kini saatnya anda untuk mulai berbelanja atau membeli semua list spare parts yang dibutuhkan untuk proses perakitan. Pertanyaannya adalah ? Bagaimana dan dimana anda membeli semua spare parts mesin batu akik ?

Anda bisa membeli semua spare parts yang anda butuhkan melalui toko reguler atau offline, namun jika anda membutuhkan cara yang lebih efektif dan efisien anda bisa membeli spare parts mesin batu akik secara online. Jika anda memilih cara yang ke dua maka ada dua tempat yang bisa anda pilih, yaitu mencari semua perlatan pembuat batu cincin akik melalui toko mesin batu akik atau melalui online market place.

Simulasi total biaya perakitan dengan spare parts yang dibeli melalui online market place :
As poles 50 cm diameter 1inci bahan besi chrome lengkap dengan ring spasi anda bisa menemukan penjual di online market place yang menjualnya dengan harga Rp. 160.000.
4 Pcs bearing units atau bearing duduk untuk as poles dan as potong, anda bisa menemukan penjual bearing units per pcs dengan harga Rp.26000.
2 Pcs pulley diameter lobang 1 inci untuk as potong dan as poles bahan alumunium, anda bisa menemukan penjual dengan harga per pcs Rp. 13.000.
As potong diameter as 1 inci panjang 40 cm bahan besi chrome, anda bisa menemukan penjual di salah satu online market place dengan harga Rp.130.000.
Pulley atau pulli dua jalur fan belt alumunium 3 inci dengan lobang as dinamo 19 mm, di jual di salah satu online market place dengan harga Rp.25000.
Pisau potong 10 inci merek kanaya diameter as 1 inci, berdasarkan peninjauan di salah satu online market place harganya adalah Rp. 330.000.
Dinamo merek Jiayu 220 volt, 2800 RPM, 1/4 Hp foto adalah barang 2nd yang belum jadi dipakai, penjual di salah satu online market place menjualnya dengan harga Rp.700.000.
4 Pcs diamond wheel, saya mencoba memilih body fiber dalam pencarian yang saya lakukan, saya menemukan salah satu penjual online yang menjual diamond wheel merek DMD all grit hanya dengan harga Rp.325000.

Khusus untuk rangka kami tidak menemukan penjual yang secara khusus menjual di online market place, tapi berdasakan tinjauan pada beberapa toko online, rangka dengan bahan baja perkiraan harga Rp.700.000. Anda bisa membeli produk jadi atau anda mengunjungi bengkel las terdekat dan melakukan pemesanan rangkat atau meja yang sesuai untuk semua spare parts, dalam simulasi ini budget yang saya siapkan sekitar 1000.0000.

Dan terakhir, adalah fan belt, perkiraan harga Rp.25.000 ribu tipe A, lalu bak plastik perkiraan harga Rp.20.000,  dan kabel Rp. 10.000.

Kesimpulan :

Merakit mesin batu akik baru full set bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Jika anda teliti dalam memilih spare parts serta jeli dalam membandingkan harga, Anda akan mendapatkan mesin produksi yang berkualitas dan tahan lama yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.
SHARE

Fery Fadli

Hi. saya adalah seorang yang serius, logic, sistematis tapi sangat demoktratis

  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini dihadirkan secara khusus untuk membantu anda yang menekuni profesi sebagai produsen atau pebisnis batu akik mendapatkan beberapa informasi penting tentang produk secara lengkap agar dapat membeli mesin batu akik baru berkualitas dan tahan lama yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Semua peralatan batu akik, mulai dari alat potong batu akik, alat poles batu akik, alat gosok batu akik, alat potong poles batu akik, kami sajikan dalam bentuk konten yang bersifat informatif, ilustratif dan komprehensiv sehingga bermanfaat sebagai refrensi dan penunjang bisnis anda. Blog ini juga menyajikan panduan pembelian alat produksi batu akik untuk memudahkan menentukan keputusan pembelian dengan benar. Dengan membeli mesin batu cincin berkualitas, tahan lama namun murah kami yakin semua produsen batu akik mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan produk dengan pesona khas, mewah dan bernilai.Bagi anda yang ingin merakit sendiri, anda juga bisa mendapatkan informasi panduan perakitan mesin potong poles full set melalui blog ini lengkap dengan pilihan spart parts dari berbagai macam merek.