As Poles Batu Akik “Besi Krom VS Stainless Steel”

Mengingat jual beli batu cincin akik masih menjadi bisnis yang menjanjikan, maka setiap produsen atau bagi anda yang baru saja akan memulai bisnis batu dan menginginkan pertumbuhan bisnis yang sehat, maka pastikan anda menawarkan produk terbaik kepada semua konsumen. Untuk membuat batu cincin berkualitas dalam jumlah banyak dan cepat, maka salah satu modal yang anda perlukan adalah memiliki sebuah mesin penggosok batu cincin akik berkualitas.

Untuk mengukur kualitas mesin batu akik, anda bisa melakukannya dengan cara mengetahui bagaimana kualitas masing-masing spare parts inti yang terintegrasi pada mesin batu itu sendiri.

Melalui postingan ini, anda akan mengetahui salah satu spare parts inti yang harus anda beli ketika anda memiliki rencana untuk merakit mesin batu akik yang nantinya secara khusus akan anda gunakan untuk memoles atau menggosok batu cincin akik.

Salah satu spare parts penting dari mesin poles batu akik adalah as poles. Silahkan lanjutkan postingan ini untuk mengetahui lebih jauh apa itu as poles, fungsi utama as poles , model-model atau jenis as poles, pilihan material as poles, dan perbandingan masing masing material as poles.
As Poles Batu Akik
Apa itu as poles batu akik ?
As poles batu akik, adalah sebuah tuas atau poros tengah yang dapat berputar dengan bantuan dinamo/motor listrik atau mesin penggerak berbahan bakar bensin.

Fungsi
Tuas, batang poros, atau juga biasa dikenal sebagai as grinda ini memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk mengintegrasikan beberapa spare parts mesin batu akik lainnya seperti diamond wheel, pulley, bantalan amplas, sehingga semua spare parts tersebut dapat berputar dengan mudah.

Pilihan model atau jenis
Untuk mempermudah semua produsen dan pembisnis batu akik, sekarang spare parts ini sudah banyak tersedia dipasaran dengan dua pilihan model atau jenis yaitu standard dan kombinasi.
  • As poles standard 
as poles standard 50 cm diameter 1 inci


As poles standard biasanya memiliki panjang 50 cm dengan diameter 1 inci, dimana dengan total unit dimensi ini anda dapat mengintegrasikan 4 s.d 5 pcs diamond wheel, 8 ring spasi , 3 bantalan amplas, dan 1 pulley.

  • Model kombinasi 


Perbedaan utama as kombinasi dengan model standard terletak pada fungsi. Sementara ukuran panjang bisa saja lebih panjang atau tetap dengan ukuran standard 50 cm. As poles kombinasi dapat terintegrasi dengan sebuah pisau potong. Fungsi utamanya adalah setiap mesin yang terintegrasi dengan as ini, selain bisa digunakan untuk menggosok batu, dengan terintegrasinya pisau potong pada as membuat mesin ini juga dapat digunakan untuk memotong batu.

Pilihan material as
Untuk memudahkan setiap konsumen agar dapat menemukan as gosok batu yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka, para pemilik toko mesin batu akik  online menyediakan as poles dalam tiga jenis material. Yang pertama adalah besi, krom atau chrome, dan yang ketiga adalah stainlees steel.

  • As poles besi 
As poles dengan material besi adalah salah satu pilihan yang paling populer. Besi sendiri merupakan material yang berasal dari bijih besi yang memiliki simbol Fe dengan nomor urut atom 26. Beberapa alasan yang membuat material ini populer adalalah bahan besi diperut bumi sangat banyak, mudah dibentuk atau dimodifikasi, serta biaya pengolahan yang ekonomis. Hal ini tentunya membuat besi dapat dibeli atau dimiliki dengan harga yang murah oleh setiap konsumen.

Sementara satu-satunya kelemahan utama bahan besi adalah mudah berkarat (korosi). Karat atau korosi dapat menimbulkan banyak kerugian pada besi itu sendiri, salah satu yang paling jelas adalah karat dapat mengurangi umur sebuah barang atau produk dari material besi.

  • As poles besi krom
As poles besi krom atau chrome adalah as yang material utamanya terbuat dari besi yang sudah mendapatkan lapisan cromium, yaitu bahan kimia dengan simbol cr dengan nomor atom 24. Sementara metode plapisan yang digunakan adalah metode cromium plating atau coating (pengcatan), dimana bahan besi utama diberi bahan pelapis khusus (zink dan magnesium) yang memiliki daya tahan baik terhadap penyebab korosi yaitu air dan oksigen.

Keuntungan utama dari pelapisan kromium adalah dapat mencegah material besi dari korosi dalam jangka waktu tertentu.
  • As poles stainless steel
As poles stainless steel batu akik adalah as yang terdiri material krom minimal 10,5% hingga lebih dari 15%, bijih besi, silikon, mangan, nitrogen dan nikel. Perpaduan semua unsur inilah yang selanjutnya membuat stainless steel atau baja tahan karat, memiliki kemampuan sangat baik dalam menghalangi proses oksidasi besi (ferum), dan lebih kuat dibandingkan material besi lainnya.

Tingkatan unsur krom (cr )dan nikel (Ni) adalah dua acuan utama yang sering digunakan untuk mengukur kualitas stainless steel itu sendiri. Semakin tinggi kandungan cr dan nikel yang dipadukan maka stainless steel tersebut akan memiliki daya tahan suhu yang lebih baik dan daya tahan karat yang lebih baik juga.

Stainless steel yang banyak tersedia dipasaran khususnya pasar Indonesia adalah Sus 201 dan sus 3o4, perbedaannya masing sus adalah kandungan cr dan Ni nya, dan anda dapat mengetahuinya dengan cara melihat kode produksi. Beberapa penjual biasanya menggunakan kode produksi untuk memudahkan setiap konsumennya mengetahui kualitas stainless steel yang akan mereka beli.

Contoh sus 201 11/3 ini artinya stainless steel tersebut mengandung cromium 11% dengan nikel 3%. Sus 201 banyak dipilih untuk digunakan sebagai kitchen set dapur rumah, hotel, restoran. Sementara sus 304 juga demikian, hanya saja prosentase unsur krom dan material nikel lebih tinggi, karena memiliki daya tahan yang lebih lama dan kekuatan yang lebih baik stainless steel sus 304 lebih sering digunakan untuk as atau poros pompa air.

Kesimpulan :
As poles batu akik sendiri bila ditinjau berdasarkan kinerjanya sangatlah berat dan sering terlibat aktif dengan air, karena penggosokan batu cincin umumnya membutuhkan air, jadi sangat penting bagi anda untuk mempertimbangkan aspek material as sebelum akhirnya anda benar-benar memutuskan untuk melakukan perakitan mesin poles batu akik.
SHARE

Fery Fadli

Hi. saya adalah seorang yang serius, logic, sistematis tapi sangat demoktratis

  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini dihadirkan secara khusus untuk membantu anda yang menekuni profesi sebagai produsen atau pebisnis batu akik mendapatkan beberapa informasi penting tentang produk secara lengkap agar dapat membeli mesin batu akik baru berkualitas dan tahan lama yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Semua peralatan batu akik, mulai dari alat potong batu akik, alat poles batu akik, alat gosok batu akik, alat potong poles batu akik, kami sajikan dalam bentuk konten yang bersifat informatif, ilustratif dan komprehensiv sehingga bermanfaat sebagai refrensi dan penunjang bisnis anda. Blog ini juga menyajikan panduan pembelian alat produksi batu akik untuk memudahkan menentukan keputusan pembelian dengan benar. Dengan membeli mesin batu cincin berkualitas, tahan lama namun murah kami yakin semua produsen batu akik mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan produk dengan pesona khas, mewah dan bernilai.Bagi anda yang ingin merakit sendiri, anda juga bisa mendapatkan informasi panduan perakitan mesin potong poles full set melalui blog ini lengkap dengan pilihan spart parts dari berbagai macam merek.